D3 Keperawatan

D3 Keperawatan

 

PROFIL DIII KEPERAWATAN

STIKES MUHAMMADIYAH KENDAL

 

A.   Profile Program studi DIII Keperawatan

Program Studi DIII Keperawatan merupakan salah satu program studi yang ada di STIKES Muhammadiyah Kendal. Program studi ini didirikan pada tahun 1996 bersamaan dengan berdirinya Akper Muhammadiyah Kendal yang merupakan cikal bakal dari Stikes Muhammadiyah Kendal. Sejak didirikan sampai dengan sekarang, Program Studi DIII Keperawatan Stikes Muhammadiyah Kendal telah meluluskan 20 angkatan dengan jumlah lulusan lebih dari 1200 Ahli Madya Keperawatan (DIII). Sejak tahun 2016 Program Studi DIII Keperawatan Stikes Muhammadiyah Kendal mendapatkian Akreditasi B dari LAM-PTKes dengan nomor SK: 0578/LAM-PTKes/Akr/Dip/V/2016.

Pendidikan Diploma III Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kendal menghasilkan lulusan perawat vokasional, memiliki sikap dan kemampuan dalam bidang keperawatan yang diperoleh melalui penerapan kurikulum pendidikan dengan berbagai bentuk pengalaman belajar, meliputi pengalaman belajar di kelas, laboratorium, klinik dan lapangan, dilengkapi dengan fasilitas belajar yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

Profil lulusan DIII Keperawatan di STIKES Muhammadiyah Kendal adalah sebagai perawat pelaksana asuhan keperawatan pada individu, keluarga, dan kelompok khusus yang memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia melalui aspek bio-psiko-sosio-kultural- spiritual dalam kondisi sehat-sakit berdasarkan ilmu dan teknologi keperawatan dengan memegang teguh kode etik keperawatan. Lulusan program studi DIII Keperawatan Stikes Muhammadiyah kendal selain sebagai pelaksana pemberi asuhan keperawatan juga mempunyai keterampilan khusus menjadi perawat yang terampil dalam penanganan kegawat daruratan dengan tanggap, sigap dan cepat.

 

B.   Visi

Pada tahun 2024 menjadi program studi diploma III Keperawatan yang unggul dalam bidang kegawatdaruratan dilandasi nilai – nilai Qur’ani baik di tingkat lokal maupun nasional

 

C.   Misi

    1. Menyelenggarakan proses pendidikan dengan program unggulan pengembangan pelayanan keperawatan gawat darurat
    2. Melaksanakan penelitian keperawatan melalui jalinan kerjasama dengan berbagai pihak
    3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat
    4. Mengembangkan sumber daya insani secara bertahap dan terencana dengan mengadakan pelatihan dan studi berjenjang guna meningkatkan kualitas akademi
    5. Menyediakan sarana prasarana secara bertahap dan terencana yang sesuai standar pendidikan DIII keperawatan untuk menunjang kompetensi keperawatan utmanya kegawatdaruratan
    6. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, organisasi profesi, dunia usaha, lembaga swadaya dan masyarakat

 

D.   Tenaga Pengajar

Program Studi DIII Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kendal memiliki 9 (Sembilan) dosen tetap dengan kualifikasi Magister Keperawatan dan kesehatan dari Perguruan Tinggi di dalam dan di Luar Negeri.

 

E.    Kompetensi Lulusan

    1. Mampu memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga dan kelompok baik sehat, sakit dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio-psiko-sosial-kultural dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (patient safety), sesuai standart asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia.
    2. Mampu melaksanakan prosedur bantuan hidup dasar (Basic Life Support/BLS) pada situasi gawat darurat/bencana dengan memilih dan menerapkan metode yang tepat, sesuai standar dan kewenangannya.
    3. Mampu memberikan (administering) dan mencatat obat oral, topical, parenteral dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan.
    4. Mampu memilih dan menggunakan peralatan dalam memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan standar asuhan keperawatan.
    5. Mampu mengumpulkan data, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan, mendokumentasi dan menyajikan informasi asuhan keperawatan.
    6. Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga/ pendamping/ penasehat tentang rencana tindakan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya.
    7. Mampu memberikan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pola hidup sehat klien dan menurunkan angka kesakitan.
    8. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan kuantitas yang terukur terhadap hasil kerja sendiri, tenaga kerja pendukung (support workers) yang menjadi tanggung jawab pengawasan di lingkup bidang kerjanya.
    9. Mampu melakukan pencegahan penularan infeksi dan promosi kesehatan.
    10. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dengan menganalisis data serta metode yang sesuai dan dipilih dari beragam metode yang sudah ataupun belum baku dan dengan menganalisis data.
    11. Mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
    12. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis dan inovatif, dilaksanakan dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
    13. Mampu menyusun laporan tentang hasil dan proses kerja dengan akurat dan shahih, mengkomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya.
    14. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian tugas kelompok.
    15. Mampu melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
    16. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
    17. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

F.    Sarana & Prasarana

Program Studi DIII Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kendal dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap, meliputi Gedung Kampus yang memadai yang dilengkapi dengan Laboratorium Keperawatan yang lengkap dengan model Mini Hospital yang terdiri dari :

  1. Laboratorium keperawatan Dasar
  2. Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah
  3. Laboratorium keperawatan Keluarga
  4. Laboratorium Keperawatan Anak
  5. Laboratorium Keperawatan Maternitas
  6. Laboratorium Keperawatan Gerontik
  7. Laboratorium Keperawatan Jiwa
  8. Laboratorium Keperawatan Komunitas

 

G.   Kegiatan

Mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kendal dibekali dengan keterampilan yang dapat mendukung lulusan seperti Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) dan Pelatihan Penanggulangan bencana yang dilaksanakan bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Selain kegitan tersebut, mahasiswa juga aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi Futsal, paduan suara, English Club, dan kepanduan yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah.

Prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan Stikes Muhammadiyah Kendal dalam 2 tahun terakhir adalah menjadi Juara II Lomba Futsal Tingkat Kabupaten Kendal, dan berhasil lolos tingkat propinsi dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Jawa Tengah.

 


 

DIII PROFILE NURSING

STIKES MUHAMMADIYAH KENDAL

 

A. Profile of the DIII Nursing Study Program

The DIII Nursing Study Program is one of the study programs at Muhammadiyah Kendal STIKES. This study program was established in 1996 along with the establishment of Muhammadiyah Kendal Akper which was the forerunner of Stikes Muhammadiyah Kendal. Since its establishment until now, the DIII Nursing Stikes Muhammadiyah Kendal Study Program has graduated 20 generations with a total of more than 1200 Nursing Associates (DIII). Since 2016 the DIII Nursing Study Program of Stikes Muhammadiyah Kendal has received B Accreditation from LAM-PTKes with SK number: 0578 / LAM-PTKes / Akr / Dip / V / 2016.

Muhammadiyah Kendal Nursing Diploma III Education produces vocational nurse graduates, has attitudes and abilities in the field of nursing obtained through the application of an educational curriculum with various forms of learning experience, including classroom, laboratory, clinical and field learning experiences, equipped with learning facilities that support the achievement learning objectives.

The profile of graduates of Nursing DIII at Muhammadiyah Kendal STIKES is as executive nurses of nursing care for individuals, families, and special groups who have the ability to fulfill basic human needs through bio-psycho-socio-cultural- spiritual aspects in health-based conditions based on science and technology nursing by adhering to the nursing code of ethics. Graduates of the DIII Nursing Stikes Muhammadiyah Kendal study program in addition to acting as providers of nursing care also have special skills in becoming nurses who are skilled in handling emergency emergencies with responsiveness, alertness and speed.

 

B. Vision

In 2020 a diploma III study program. Nursing that excels in the field of emergency is based on Qur’an values ​​both at the local and national level.

 

C. Mission

  1. Organizing the educational process with a superior program to develop emergency nursing services
  2. Carry out nursing research through a partnership with various parties
  3. Conducting community service with activities needed by the community
  4. Develop human resources in stages and planned by holding tiered training and studies to improve the quality of the academy
  5. Providing infrastructure facilities in stages and planned in accordance with the education standards of DIII nursing to support nursing competencies in the emergency department.
  6. Establish sustainable cooperation with educational institutions, research institutions, governments, professional organizations, businesses, non-governmental organizations and the community

 

D. Teachers

The DIII Nursing Study Program at STIKES Muhammadiyah Kendal has 9 (nine) permanent lecturers with Masters and Nursing qualifications from Universities at home and abroad.

 

E. Graduates Competence

  1. to be Able to provide nursing care to individuals, families and groups both healthy, sick and emergency by paying attention to the bio-psycho-socio-cultural and spiritual aspects that guarantee client safety (patient safety), according to nursing care standards and based on available nursing planning .
  2. to be Able to carry out basic life support (BLS) procedures in emergency / disaster situations by selecting and applying the right method according to their standards and authority.
  3. to be Able to administer and record oral, topical, parenteral and suppository drugs according to standard drug administration and delegated authority.
  4. to be Able to choose and use equipment in providing nursing care in accordance with nursing care standards.
  5. to be Able to collect data, analyze and formulate problems, plan, document and present nursing care information.
  6. to be Able to conduct therapeutic communication with clients and provide accurate information to clients and / or family / escorts / advisors about plans for nursing actions that are their responsibility.
  7. to be Able to provide health education to improve the client's healthy lifestyle and reduce morbidity.
  8. to be Able to show quality performance and quantity measured against the results of their own work, support workers (support workers) who are the responsibility of supervision in the scope of their work.
  9. to be Able to prevent infection transmission and health promotion.
  10. to be Able to complete extensive work by analyzing data and methods that are appropriate and selected from a variety of methods that have been or have not been standardized and by analyzing data.
  11. to be Able to show performance with measurable quality and quantity.
  12. to be Able to solve work problems with the nature and context in accordance with the applied field of expertise, based on logical thinking and innovative, carried out and responsible for the results independently.
  13. to be Able to compile reports on results and work processes accurately and validly, communicate effectively to other parties who need them.
  14. to be Able to be responsible for achieving group assignments.
  15. to be Able to supervise and evaluate the completion of work assigned to workers who are under their responsibility
  16. to be Able to carry out a self-evaluation process on work groups that are under their responsibility and manage the development of work competencies independently.
  17. to be Able to document, store, secure and rediscover data to ensure validity and prevent plagiarism.

 

F. Facilities & Infrastructure

The DIII Nursing Study Program at Muhammadiyah Kendal STIKES is equipped with complete facilities and infrastructure, including an adequate Campus Building equipped with a Nursing Laboratory complete with Mini Hospital models consisting of:

  1. Basic nursing laboratory
  2. Medical Surgery Laboratory
  3. Family nursing laboratory
  4. Child Nursing Laboratory
  5. Maternity Nursing Laboratory
  6. Gerontic Nursing Laboratory
  7. Soul Nursing Laboratory
  8. Community Nursing Laboratory

 

G. Activities

DIII Nursing STIKES Muhammadiyah Kendal students are equipped with skills that can support graduates such as Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) Training and Disaster Management Training conducted in collaboration with the Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). In addition to the activity, students also actively participate in extracurricular activities which include futsal, choir, English Club, and scouting organized by Muhammadiyah.

The achievements of the DIII Nursing Stikes Muhammadiyah Kendal Study Program students in the last 2 years were becoming Second Place in the Kendal Regency Futsal Competition, and successfully passed the provincial level in the Indonesian Student Debate Competition (KDMI) held by the Central Java Higher Education Service Institute

Back To Home