PROFIL PROGRAM STUDI S1 GIZI
STIKES MUHAMMADIYAH KENDAL
A. DESKRIPSI
Program Studi S1 Gizi STIKES Muhammadiyah Kendal adalah pelopor pendidikan tinggi bidang gizi di Kabupaten Kendal yang berdiri sejak tahun 2018. Hal yang melatarbelakangi pendirian program studi ini adalah kebutuhan tenaga kesehatan terutama ahli gizi yang berkualitas dengan latar belakang pendidikan sebagai Sarjana Ilmu Gizi.
Lulusan Program Studi S1 Gizi STIKES Muhammadiyah Kendal menghasilkan sarjana gizi yang unggul dalam bidang gizi masyarakat, terampil dalam melaksanakan asuhan gizi dan berperan serta dalam menyelesaikan masalah gizi dengan melakukan pendampingan masalah gizi di masyarakat serta terampil dalam penyelenggaraan makanan dan kewirausahaan gizi dengan lulusan yang bergelar S.Gz.
B. VISI
Pada tahun 2025 menghasilkan sarjana gizi yang berkarakter, berbudaya, dan berkompeten yang dilandasi dengan nilai-nilai Qur`ani serta memiliki keunggulan bidang Gizi Ibu dan Anak di tingkat Jawa Tengah
C. MISI
- Menyelenggarakan proses pendidikan dengan program unggulan di bidang gizi Ibu dan Anak.
- Melaksanakan penelitian gizi melalui jalinan kerjasama dengan berbagai pihak.
- Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat secara bertahap dan terencana dengan mengadakan pelatihan dan studi berjenjang guna meningkatkan kualitas akademik.
- Mengembangkan sumber daya insani secara bertahap dan terencana dengan mengadakan pelatihan dan studi berjenjang guna meningkatkan kualitas akademi.
- Menyediakan sarana prasarana secara bertahap dan terencana yang sesuai standar pendidikan S1 Gizi STIKES Muhammadiyah Kendal untuk menunjang kompetensi gizi utamanya di bidang Gizi Ibu dan Anak.
- Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, organisasi profesi, dunia usaha, lembaga swadaya dan masyarakat.
- Menerapkan nilai- nilai Qur`ani dalam pelaksanaan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
D. TUJUAN
- Menghasilkan lulusan sarjana Gizi profesional yang berkarakter, berbudaya, berkompeten yang dilandasi dengan nilai-nilai Islami, dan terampil, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang gizi dan kesehatan, khususnya di bidang gizi Ibu dan Anak.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang gizi dan kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di bidang Gizi Ibu dan Anak.
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tanggap dan peduli terhadap masalah yang dihadapi masyarakat terutama yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan khususnya di bidang Gizi Ibu dan Anak.
- Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara mandiri di bidang pelayanan gizi dengan orientasi pada standar mutu profesi gizi dan kebutuhan masyarakat.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik dan kependidikan.
E. KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
- Terampil dalam manajemen gizi masyarakat.
- Terampil dalam melakukan asuhan gizi.
- Terampil dalam melakukan pendampingan masalah gizi di masyarakat.
- Terampil dalam melakukan penelitian di bidang gizi.
- Terampil dalam melaksanakan penyelenggaraan makanan dan kegiatan wirausaha dalam bidang gizi
F. PROFILLULUSAN
- Nutrisionis di rumah sakit, institusi penyelenggara makanan (asrama, hotel, sekolah dan catering diet)
- Institusi pemerintah ( Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kementrian Pertanian, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Badan Ketahanan Pangan)
- Konsultan gizi di perusahaan makanan dan minuman
- Pendidik di institusi – institusi pendidikan
- Peneliti di lembaga penelitian dan survey
- Wirausaha di bidang pangan dan gizi (catering, restoran)
G. KURIKULUM
Kurikulum Program Studi S1 Gizi
Semester 1
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
|
1 |
A1211012S |
Agama |
2 |
2 |
|
|
2 |
A1211022S |
Pancasila |
2 |
2 |
|
|
3 |
A1211032S |
Bahasa Indonesia |
2 |
1 |
1 |
|
4 |
A1211012P |
Anatomi Fisiologi I |
2 |
2 |
|
|
5 |
A1211022P |
Biologi |
2 |
2 |
|
|
6 |
A1211032P |
Psikologi |
2 |
2 |
|
|
7 |
A1211043P |
Kimia |
3 |
3 |
|
|
8 |
A1211052P |
Pengantar Komunikasi |
2 |
1 |
1 |
|
9 |
A1211062P |
Matematika |
2 |
2 |
|
|
|
|
Total SKS |
19 |
17 |
2 |
Semester 2
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
|
1 |
A1212072P |
Sosiologi Kesehatan |
2 |
2 |
|
|
2 |
A1212082P |
Anthropologi Gizi |
2 |
2 |
|
|
3 |
A1212093P |
Anatomi Fisiologi II |
3 |
2 |
1 |
|
4 |
A1212042S |
Bahasa Inggris I |
2 |
1 |
1 |
|
5 |
A1212052S |
Kewarganegaraan |
2 |
2 |
|
|
6 |
A1212062S |
Al Islam dan Kemuhammadiyahan 1 |
2 |
1 |
1 |
|
7 |
A1212112P |
Ilmu Gizi Dasar |
2 |
2 |
|
|
8 |
A1212123P |
Biokimia |
3 |
2 |
1 |
|
9 |
A1212133P |
Mikrobiologi Pangan |
3 |
2 |
1 |
|
|
|
Total SKS |
21 |
16 |
5 |
Semester 3
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
|
1 |
A1213143P |
Penilaian Status Gizi |
3 |
2 |
1 |
|
2 |
A1213153P |
Gizi dalam Daur Kehidupan |
3 |
2 |
1 |
|
3 |
A1213163P |
Ilmu Bahan Makanan |
3 |
2 |
1 |
|
4 |
A1213072S |
Al Islam dan Kemuhammadiyahan 2 |
2 |
1 |
1 |
|
5 |
A1213172P |
Pengantar Manajemen Kesehatan |
2 |
2 |
|
|
6 |
A1213182P |
Patofisiologi Penyakit defisiensi dan Infeksi |
2 |
2 |
|
|
7 |
A1213193P |
Analisis Zat Gizi |
3 |
2 |
1 |
|
8 |
A1213203P |
Kuliner |
3 |
2 |
1 |
|
|
|
Total SKS |
21 |
15 |
6 |
Semester 4
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
|
1 |
A1214212P |
Metabolisme Energi dan Gizi Makro |
2 |
2 |
|
|
2 |
A1214082S |
Al Islam dan Kemuhammadiyahan 3 |
2 |
1 |
1 |
|
3 |
A1214223P |
Ilmu teknologi Pangan |
3 |
2 |
1 |
|
4 |
A1214232P |
Ilmu kesehatan Masyarakat |
2 |
2 |
|
|
5 |
A1214242P |
Biostatistika Dasar |
2 |
2 |
|
|
6 |
A1214252P |
Ekonomi Pangan dan Gizi |
2 |
2 |
|
|
7 |
A1214262P |
Bioetika dan profesi |
2 |
2 |
|
|
8 |
A1214273P |
Patofisiologi penyakit degeneratif/tidak menular |
3 |
3 |
|
|
9 |
A1214282P |
Epidemiologi Kesehatan |
2 |
2 |
|
|
10 |
A1214292P |
Gizi Olahraga |
2 |
1 |
1 |
|
|
|
Total SKS |
22 |
19 |
3 |
Semester 5
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
|
1 |
A1215304P |
Pendidikan dan Konseling Gizi |
4 |
2 |
2 |
|
2 |
A1215313P |
Metode Penelitian Kesehatan |
3 |
2 |
1 |
|
3 |
A1215323P |
Dietetika Penyakit defisiensi dan infeksi |
3 |
2 |
1 |
|
4 |
A1215333P |
Metabolisme Zat Gizi Mikro |
3 |
2 |
1 |
|
5 |
A1215342P |
Penilaian konsumsi pangan |
2 |
1 |
1 |
|
6 |
A1215353P |
Biostatistika Lanjut |
3 |
2 |
1 |
|
7 |
A1215362P |
Keamanan Pangan |
2 |
2 |
|
|
8 |
A1215112S |
Kewirausahaan |
2 |
2 |
|
|
|
|
Total SKS |
22 |
15 |
7 |
Semester 6
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
|
1 |
A1216373P |
Manajemen Intervensi Gizi |
3 |
2 |
1 |
|
2 |
A1216383P |
Perencanaan Program Pangan dan Gizi |
3 |
2 |
1 |
|
3 |
A1216393P |
Manajemen Industri Jasa Pangan |
3 |
2 |
1 |
|
4 |
A1216402P |
Isu mutakhir gizi, dietetika dan kesehatan |
2 |
2 |
|
|
5 |
A1216413P |
Dietetika Penyakit degeneratif/tidak menular |
3 |
2 |
1 |
|
6 |
A1216422P |
Interaksi Obat dan Makanan |
2 |
2 |
|
|
7 |
A1216432P |
Nutritional Care Process (NCP) |
2 |
1 |
1 |
|
|
|
|
18 |
13 |
5 |
Semester 7
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
L/K |
|
1 |
A1217443P |
Kepaniteraan Gizi Klinik |
3 |
|
|
3 |
|
2 |
A1217453P |
Kepaniteraan gizi masyarakat |
3 |
|
|
3 |
|
3 |
A1217462P |
Kepaniteraan gizi industri |
2 |
|
|
2 |
|
4 |
A1217103S |
KKN |
3 |
|
|
3 |
|
|
|
|
11 |
|
|
11 |
Semester 8
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
L/K |
|
1 |
A1218471P |
Seminar Hasil |
1 |
|
|
1 |
|
2 |
A1218096S |
Skripsi |
6 |
|
|
6 |
|
|
|
|
7 |
|
|
7 |
Mata Kuliah Elektif (Semester V) |
|||||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
L/K |
|
1 |
A1215012E |
Percobaan Makanan |
2 |
2 |
|
|
|
2 |
A1215022E |
Gizi Bencana |
2 |
2 |
|
|
|
|
|
|
4 |
4 |
|
0 |
Mata Kuliah Elektif (Semester VI) |
|||||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
L/K |
|
1 |
A1216032E |
Kreasi Makanan |
2 |
2 |
|
|
|
2 |
A1216042E |
Gizi Tumbuh Kembang |
2 |
2 |
|
|
|
|
|
|
4 |
4 |
|
0 |
H. FASILITAS
- Lahan kampus dengan luas total area 10.565 m2
- Ruang Kuliah Ber AC
- Ruang Tutorial
- Ruang rapat
- Ruang kerja dosen
- Ruang laboratorium dengan peralatan praktikum, meliputi : laboratorium Konseling Gizi, laboratorium Kuliner dan Dietetik, dan laboratorium Penentuan Status Gizi (PSG)
- Sarana audio visual multi media dan penunjang pembelajaran lainnya
- Laboratorium bahasa
- Ruang perpustakaan
- Laboratorium Komputer
- Sarana ekstra kurikuler : lapangan futsal
- Wifi kampus 20 mbs.
- Aula Ahmad Dahlan 450 m2
NUTRITION STUDY PROGRAM PROFILE
STIKES MUHAMMADIYAH KENDAL
A. DESCRIPTION
STIKES Nutrition S1 Study Program Muhammadiyah Kendal is a pioneer of higher education in the field of nutrition in Kendal District which was established in 2018. The background of the establishment of this study program is the need for health workers, especially qualified nutritionists with educational backgrounds as Bachelor of Nutrition.
Muhammadiyah Kendal S1 Nutrition Study Program graduates produce superior nutrition graduates in the field of community nutrition, that are skilled in carrying out nutrition care and participate in solving nutritional problems by providing nutrition problems in the community as well as skilled in food management and nutritional entrepreneurship with graduates holding S .Gz.
B. VISION
In 2025, graduates of character, cultured, and competent nutrition will be based on Qur'anic values ββand have superiority in the field of Maternal and Child Health (KIA) at the Central Java level.
C. MISSION
- Organizing the educational process with excellent programs in the field of community nutrition, especially Maternal and Child Health (MCH).
- Carry out nutritional research through a partnership with various parties.
- Conducting community service with activities that are needed by the community in stages and planned by holding tiered training and studies to improve academic quality.
- Developing human resources in stages and planned by holding tiered training and studies to improve the quality of the academy.
- Providing infrastructure facilities in stages and planned in accordance with the education standards of S1 Nutrition Muhammadiyah Kendal STIKES to support the main nutritional competencies in the field of community nutrition.
- Establish sustainable cooperation with educational institutions, research institutions, governments, professional organizations, businesses, non-governmental organizations and the community.
D. PURPOSE
- to Produce professional nutrition graduates according to the needs of the community.
- to Carry out research in the field of nutrition.
- to Carry out community service activities in the field of nutrition in order to improve public health status.
- to Improve the quality and quantity of educators and education staff.
E. the MAIN COMPETENCY OF GRADUATES
- Skilled in community nutrition management.
- Skilled in carrying out nutrition care.
- Skilled in providing guidance on nutrition issues in the community.
- Skilled in conducting research in the field of nutrition.
- Skilled in carrying out food administration and entrepreneurial activities in the field of nutrition
F. GRADUATE PROFILE
- Nutritionists in hospitals, food service institutions (dormitories, hotels, schools and diet catering)
- Government institutions (Health Office, Puskesmas, Ministry of Agriculture, Ministry of Youth and Sports, Agency for Food Security)
- Nutrition consultant at a food and beverage company
- Educators in educational institutions
- Researchers at research and survey institutions
- Entrepreneurship in food and nutrition (catering, restaurants)
H. FACILITIES
- Campus land with a total area of ββ10,565 m2
- Lecture Rooms with AC
- Tutorial Room
- Meeting room
- Lecturer workspace
- Laboratory room with practicum equipment, including: Nutrition Counseling laboratory, culinary laboratory and Dietetic, and Nutrition Status Determination laboratory (PSG)
- Multi-media audio-visual facilities and other learning support
- Language laboratory
- Library room
- Computer Laboratory
- Extra-curricular facilities: futsal court
- Wifi campus 20 mbs.
- Ahmad Dahlan Hall 450 m2
Back To Home