A.   Profil Program Studi DIII Keperawatan

Program Studi DIII Keperawatan merupakan salah satu program studi yang ada di STIKES Muhammadiyah Kendal. Program studi ini didirikan pada tahun 1996 bersamaan dengan berdirinya Akper Muhammadiyah Kendal yang merupakan cikal bakal dari Stikes Muhammadiyah Kendal. Sejak didirikan sampai dengan sekarang, Program Studi DIII Keperawatan Stikes Muhammadiyah Kendal telah meluluskan 20 angkatan dengan jumlah lulusan lebih dari 1200 Ahli Madya Keperawatan (DIII). Sejak tahun 2016 Program Studi DIII Keperawatan Stikes Muhammadiyah Kendal mendapatkian Akreditasi B dari LAM-PTKes dengan nomor SK: 0578/LAM-PTKes/Akr/Dip/V/2016.

Pendidikan Diploma III Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kendal menghasilkan lulusan perawat vokasional, memiliki sikap dan kemampuan dalam bidang keperawatan yang diperoleh melalui penerapan kurikulum pendidikan dengan berbagai bentuk pengalaman belajar, meliputi pengalaman belajar di kelas, laboratorium, klinik dan lapangan, dilengkapi dengan fasilitas belajar yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

Profil lulusan DIII Keperawatan di STIKES Muhammadiyah Kendal adalah sebagai perawat pelaksana asuhan keperawatan pada individu, keluarga, dan kelompok khusus yang memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia melalui aspek bio-psiko-sosio-kultural- spiritual dalam kondisi sehat-sakit berdasarkan ilmu dan teknologi keperawatan dengan memegang teguh kode etik keperawatan. Lulusan program studi DIII Keperawatan Stikes Muhammadiyah kendal selain sebagai pelaksana pemberi asuhan keperawatan juga mempunyai keterampilan khusus menjadi perawat yang terampil dalam penanganan kegawat daruratan dengan tanggap, sigap dan cepat.

B.   Visi

Pada tahun 2024 menjadi program studi diploma III Keperawatan yang unggul dalam bidang kegawatdaruratan dilandasi nilai – nilai Qur’ani baik di tingkat lokal maupun nasional

C.   Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dengan program unggulan pengembangan pelayanan keperawatan gawat darurat
  2. Melaksanakan penelitian keperawatan melalui jalinan kerjasama dengan berbagai pihak
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat
  4. Mengembangkan sumber daya insani secara bertahap dan terencana dengan mengadakan pelatihan dan studi berjenjang guna meningkatkan kualitas akademi
  5. Menyediakan sarana prasarana secara bertahap dan terencana yang sesuai standar pendidikan DIII keperawatan untuk menunjang kompetensi keperawatan utmanya kegawatdaruratan
  6. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, organisasi profesi, dunia usaha, lembaga swadaya dan masyarakat